Reformulasi RPS Berbasis Pembelajaran Daring

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan TRILOGI WORKSHOP SSP bagian 2 dengan tema “Reformulasi RPS Berbasis Pembelajaran Daring” via zoom Kamis, 10 September 2020 pukul 09.00-12.00 WIB.

Kegiatan ini di moderatori oleh bapak Dr. Agung Rokhimawan, M.Pd, sekprodi PAI UIN Sunan Kalijaga dan menghadirkan Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag, wakil dekan FITK UIN Sunan Kalijaga sebagai keynote speaker dan Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I, Dosen PGMI UIN Sunan Kalijaga sebagai narasumber utama.

RPS pada hakikatnya, memiliki fungsi pokok untuk membantu proses pembelajaran. “Terkadang kurikulumnya bagus, pencapaian belajarnya bagus, namun materinya banyak di improvisasi, sehingga yang dilaksanakan oleh dosen kadang banyak yang tidak tertulis sehingga perlu diperbaiki, agar bersifat implementatif saat pembelajaran daring”. Ujar Dr. Agung Rokhimawan, M.Pd, selaku moderator.

Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I memaparkan bahwasannya RPS merupakan perencanaan pembelajaran yang memberikan gambaran riil dan logis mengenai pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan agar mahasiswa dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Dalam penyusunan RPS perlu disesuaikan dengan struktur atau komponen yang meliputi identitas, capaian pembelajaran, kemampuan akhir yang diharapkan, bahan kajian, metode pembelajaran, waktu yang disediakan, pengalaman belajar, kriteria-indikator-bobot penilaian dan daftar referensi.

Untuk RPS selama pembelajaran daring, Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I juga memaparkan untuk memberi bahan ajar yang berbentuk video kepada mahasiswa untuk disimak langsung ataupun diunduh secara online, salah satu contohnya terkait proses pencarian referensi. Video yang dimaksud dapat diupload di media sosial. Hal ini bertujuan agar dapat membantu mahasiswa lebih memahami materi yang disampaikan. (Zulfi Idayanti)