Pelatihan Pelayanan Prima bagi Tenaga Kependidikan FITK UIN Sunan Kalijaga
Mengawali tahun ajaran baru 2024/2025, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan pelatihan pelayanan prima bagi tenaga kependidikan. Pelatihan ini diikuti seluruh tendik dan tenaga outsourcing FITK yang berjumlah 50 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 31 Juli sampai dengan 2 Agustus 2024 di Hotel Lynn Mojokerto, Jawa Timur.
Kegiatan pembukaan pelatihan diawali dengan sambutan dari Dekan FITK, Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd. Dalam sambutannya Dekan FITK menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta pelatihan yang telah banyak berkontribusi dalam kemajuan FITK yang luar biasa. Saat ini FITK memiliki 18 prodi dengan 12 prodi terakreditasi unggul. Pencapaian ini hasil kolaborasi yang cantik dari semua komponen di FITK. Di akhir sambutannya, Dekan FITK mengajak semua peserta untuk bersama-sama menggelorakan motto FITK yang menjadi semangat kerja di FITK yaitu ASIK AH (Adaptif, Solutif, Inovatif, Kolaboratif, Akhlakul Karimah). Semangat ASIK AH ini semakin diperkuat dalam rangka pembangunan ZI WBK (Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).
Selanjutnya, materi pelatihan disampaikan oleh Bapak Andhik Iwan Sulistiyanto, SH,MM dari Jogja Experiential Learning Edutama, Lembaga Pengembangan SDM. Pelayanan prima semakin penting di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), era dimana perubahan sangat cepat terjadi, semakin sulitnya memprediksi masa depan, dan semakin kompleks serta ambigunya dunia. Materi yang disampaikan Pak Iwan tentang layanan prima ini disajikan dengan banyak permainan yang unik dan menarik, sehingga peserta merasa senang dan mudah menerima materi. Inti dari materi yang dibawakan Pak Iwan ini adalah bagaimana tendik FITK UIN Sunan Kalijaga mampu mengubah mindset dalam memberikan layanan kepada customer caranya diantaranya yaitu dengan connection, mengharmonisasikan hubungan antar bagian, meningkatkan rasa empati antar bagian, menghilangkan egosentris (menganggap dirinya paling penting), dan memiliki rasa bahwa semua adalah bagian dari institusi/ organisasi. Materi dari Pak Iwan sangat menarik dan berkesan sebab tidak hanya materi yang dipaparkan tetapi juga ada permainan dan nyanyian yang dilakukan bersama-sama.
Materi di sesi malam hari disampaikan oleh Dekan FITK dan Wakil Dekan 1 Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag. Paparan pertama disampaikan oleh Dekan FITK, Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd. tentang energi dalam bekerja. Dalam paparannya, Dekan FITK menjelaskan dan berbagi pengalaman tentang energi bekerja yang terus mengalir. Sebagai pimpinan FITK, Dekan telah memberikan contoh bagaimana bekerja dengan penuh semangat, adaptif, kreatif, mampu bekerjasama dengan baik, saling mendukung, dan saling membantu. Bekerja dengan niat ibadah sehingga tidak hanya gaji yang diperoleh tepai juga rizki yang barokah juga akan kiat peroleh. Pada hakekatnya, semua yang kita lakukan akan kembali kepada kita lagi sesuai dengan apa yang telah kita tanam atau berikan.
Paparan selanjutnya disampaikan oleh Wakil Dekan 1 Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag. yang menggarisbawahi materi yang telah disampaikan Dekan FITK tentang leadership yang dapat diteladani dari kepemimpinan Dekan FITK, dengan mengibaratkan suryo, condro, dan samudro. Ibarat suryo (surya) atau matahari, pimpinan FITK tak kenal lelah menjadi sinar dan sumber inspirasi yang terus memberikan semangat kepada semua bagian dari Fakultas. Ibarat condro atau bulan, meski tidak memiliki sumber cahayanya sendiri namun selalu menampilkan kebaikan dan tampil cantik dan menjadi sumber inspirasi bagi yang memandangnya. Sedangkan samudro artinya muara sungai, di mana samudra menampung semua sampah dan memilahkannya, menepikannya di pantai. Bapak WD 1 menjelaskan bahwa, seorang pemimpin itu harus sabar dan mampu menjadi problem solver.
Kegiatan pelatihan selama 3 hari ini juga diisi dengan outbond di Pacet Mojokerto, untuk menguatkan sinergi antar staf FITK UIN Sunan Kalijaga. Pelatihan yang sangat berkesan ini semoga menjadi awal bagi peningkatan kualitas layanan di FITK.