E-Resources & Workshop Manajemen Referensi Menggunakan Aplikasi Zotero (PGMI)

Yogyakarta - Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Workshop sesi 1 dengan temaE- Resources& Manajemen Referensi menggunakan aplikasi Zotero yang dilaksanakan pada 3 Agustus 2021 pukul 09.00-12.00 WIB via Zoom. Workshop kali ini menghadirkan narasumber yang luar biasa yakni Muh Syauqi Malik, M.Pd.

Zotero merupakan salah satu aplikasi referensi manager yang dapat membuat referensi dan daftar pustaka dengan cepat dan otomatis. Aplikasi Zotero memiliki banyak manfaat dalam kepenulisan seperti halnya yang diungkapkan narasumber Workshop kali ini.

Terdapat manfaat Aplikasi Zotero antara lain aplikasi tersebut dapat diakses secara gratis, otomatis mendeteksi informasi kutipan, menghemat energi, dan mudah dalam mengubah gaya pengutipan sesuai yang diinginkan,” ungkap Muh Syauqi Malik, M.Pd (3/8/21).

Muh Syauqi Malik, M.Pd selaku narasumber pada workshop kali ini memaparkan materi terkait penggunaan Zotero dengan sangat jelas mulai dari cara mendownload Zotero, cara menginstal Zotero, cara menginstal Zotero Connector, cara mengubah bahasa Zotero, cara memasukkan sumber referensi secara manual, cara memasukkan sumber referensi secara otomatis, cara membuat catatan kaki melalui Zotero, cara membuat daftar pustaka melalui Zotero, caraexpor / backupdata Zotero, dan caraimportdata Zotero.

Melihat betapa pentingnya Zotero dalam kepenulisan, peserta workshop sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Selain itu, peserta workshop berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan terhadap narasumber terkait materi yang dijelaskan oleh narasumber. Semoga Workshop Manajemen Referensi Zotero dapat bermanfaat bagi kita semua (Tsaqifa Taqiyya Ulfah).