Senin, 18 Maret 2013 11:02:23 WIB Dilihat : 3665 kali

Jurnal Pendidikan Islam (JPI) adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama dengan Himpunan Sarjana Pendidikan Islam (HiSPI). Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi dalam bentuk artikel dari para ilmuwan, sarjana, professional, dan peneliti dalam disiplin ilmu pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan setelah melalui mekanisme seleksi naskah, telaah mitra bebestari, dan proses penyuntingan. Seluruh artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan pandangan dari para penulisnya dan tidak mewakili jurnal ini atau lembaga afiliasi penulisnya. Jurnal Pendidikan Islam (JPI) terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Untuk itu, kami mengundang para penulis untuk mengirimkan tulisannya dalam jurnal ini dengan ancangan deadline penerimaan artikel sebagai berikut.

Volume dan Nomor

Tema

Deadline

Terbit

Vol. II, No. 1, 2013

Deradikalisasi Pendidikan Islam

April 2013

Juni 2013

Vol. II, No. 2, 2013

Filsafat Pendidikan Islam

Oktober 2013

Desember 2013

Karya ilmiah yang akan dipertimbangkan untuk dimuat adalah yang memenuhi persyaratan dan acuan berikut:
1. Bersifat ilmiah, berupa kajian dan pengembangan pendidikan Islam, gagasan orisinil, ringkasan hasil penelitian/survei, atau bentuk tulisan lainnya yang dipandang memberikan kontribusi bagi pengembagan studi dan pemikiran pendidikan Islam
2. Naskah yang dikirim merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam penerbitan apapun atau tidak sedang diminta penerbitannya oleh media lain.
3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa asing (Inggris/Arab) yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia atau asing (Inggris/Arab) yang baik dan benar.
4. Setiap naskah ditulis secara berurutan terdiri dari judul, nama penulis, identitas penulis (lembaga dan email penulis), abstrak, kata kunci, isi, dan rujukan.
5. Judul harus ringkas, spesifik dan efektif, tidak melebihi 12 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia, 10 kata yang menggunakan Bahasa Inggris.
6.Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, Bahasa Arab atau Inggris. Abstrak ditulis antara 100 s.d. 150 kata dengan memuat latar belakang masalah, tujuan, dan kesimpulan (untuk naskah bukan hasil penelitian)
7. Kata kunci maksimal 4 kata yang mencerminkan isi naskah
8. Isi naskah terdiri dari 6000 s.d. 7000 kata atau 20 s.d. 25 halaman kertas ukuran kwarto diketik dengan spasi satu setengah.
9. Naskah ditulis dengan menggunakan footnote (catatan kaki) yang memuat nama penulis, judul buku/majalah/jurnal, kota tempat penerbitan, nama peberbit, tahun penerbitan, dan halaman.
a. Catatan kaki untuk kutipan dari buku; nama penulis, judul buku, (kota penerbit: nama penerbit, tahun penerbitan), dan nomor halaman.
Contoh: Zainal Arifin, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Diva Press, 2012), hlm.15.
b. Catatan kaki untuk kutipan dari buku kompilasi memuat nama editor (ed.)/(eds.), judul buku, (kota penerbit: nama penerbit, tahun), dan nomor halaman.
Contoh: Zainal Arifin, ed., Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Diva Press, 2012), hlm.15.
c. Catatan kaki untuk kutipan dari jurnal/majalah: nama penulis, judul artikel, nama majalah/jurnal, volume/edisi (Nomor), bulan dan tahun: halaman.
Contoh: Imam Machali, “Perilaku Keagamaan Kaum Waria Yogyakarta Kasus di Pondok Pesantren Waria “Senin-Kemis” Yogyakarta”, An-Nur, 3 (2) Agustus 2011: 321
d. Catatan kaki untuk kutipan dari elektronik:
Contoh: Burka, Lauren P. “A Hypertext History of Multi-User Dimensions.” MUD History. 1993. http://www.utopia.com/talent/lpp/middex/essay [2 Agustus 1996]
10. Daftar pustaka disusun secara alfabetis dengan memuat nama penulis, judul buku/jurnal/majalah, kota tempat penerbitan, nama penerbit dan tahun terbit
a. Dalam bentuk buku dengan memuat nama penulis, judul buku, kota penerbit: nama penerbit, dan tahun penerbitan.
Contoh: Arifin, Zainal, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: Diva Press, 2012.
b. Dalam bentuk buku kompilasi memuat nama editor (ed.)/(eds.), judul buku, kota penerbit: nama penerbit, tahun
Contoh: Arifin, Zainal ed., Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: Diva Press, 2012.
c. Dalam bentuk Majalah/Jurnal Ilmiah memuat nama penulis, judul artikel, nama majalah/jurnal, volume/edisi (Nomor), bulan dan tahun: halaman
Contoh: Machali, Imam, “Perilaku Keagamaan Kaum Waria Yogyakarta Kasus di Pondok Pesantren Waria “Senin-Kemis” Yogyakarta”, An-Nur, 3 (2) Agustus 2011: 321-338
d.Dalam elektronik memuat nama pengarang, judul dokumen (dalam huruf miring), nomor versi/berkas (bilamana diterapkan), tanggal dokumen/tanggal revisi terakhir (bila berbeda dengan tanggal akses), protokol dan alamat, lintasan akses atau direktori, dan tanggal akses dalam kurung siku “[ ]”
Contoh: Burka, Lauren P. “A Hypertext History of Multi-User Dimensions.” MUD History. 1993. http://www.utopia.com/talent/lpp/middex/essay [2 Agustus 1996]
11. Naskah diketik dalam bentuk Microsoft Word Format RTF (Rich Text Format) atau Doc. (Word Document) dikirim ke langsung ke redaksi atau melalui email jurnaljpi@yahoo.co.id dan jpi.ftk@uin-suka.ac.id dengan menggunakan attachment file.
12. Tidak keberatan jika naskah yang dikirim mengalami penyuntingan atau perbaikan tanpa mengubah isinya.
13. Setiap naskah yang dikategorikan ke dalam beberapa hal :
a. Diterima tanpa revisi.
b. Diterima dengan revisi.
c. Ditolak.
14. Naskah yang dimuat akan diberitahukan kepada penulisnya via email atau akan dikembalikan melalui surat jika diserta prangko
15. Nakah yang dimuat akan mendapat apresiasi Rp. 500.000 dan akan mendapatkan Jurnal Pendidikan Islam.
Jurnal Pendidikan Islam (JPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Lt III Ruang 315 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jalan Marsda Adisucipto Telp. (0274) 513056 Yogyakarta 55281
E-mail: jurnaljpi@yahoo.co.idhttp://jurnaljpi.com/index.php/JPI/index
CP: Imam Machali (081578641093), Zainal Arifin (081329986631)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom