Rabu, 16 November 2011 09:41:01 WIB Dilihat : 2748 kali

Pertanyaan yang sering muncul bahwa orientasi Jurusan Kependidikan Islam (KI) tidak jelas “apakah berorientasi keguruan—sebagaimana jurusan PAI—manajer pendidikan, atau pemikiran pendidikan”, kini telah terjawab sudah. Hal ini ditegaskan oleh ketua jurusan KI Dra. Nur Rohmah, M.Pd pada acara workshop redesain kurikulum KI pada hari Rabu, 10 Agustus 2011 di ruang rapat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara yang dihadiri oleh segenap dosen KI ini membahas tentang orientasi dan reposisi jurusan KI. Ditegaskan bahwa KI akan meneguhkan posisinya pada dua konsentrasi pertama, Manajemen Pendidikan Islam dan kedua, pemikiran pendidikan Islam.

Drs. Jamroh Latif, M.Si sebagai salah satu aktor sejarah perjalanan Jurusan KI di Fakultas Tarbiyah melihat bahwa Jurusan KI sekang ini memang jauh dari semangat apa yang dibayangkan pada awal pendiriannya, yaitu untuk menghasilkan sarjana yang dapat mengembangkan lembaga pendidikan Islam. Akan tetapi setelah lebih dari sepuluh tahun berjalan Jurusan KI hampir tidak dapat dibedakan dengan jurusan PAI.

Workshop ini berhasil merevisi misi Jurusan KI yaitu: 1) Mengembangkan pendidikan dan pengajaran di bidang manajemen pendidikan.2) Mengembangkan penelitian dan pengajaran di bidang pemikiran dan dan penelitian pendidikan. 3) Mewujudkan tenaga pendidik yang berakhlakul karimah dan berwawasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, dan 4) Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi terutama di bidang Kependidikan Islam.

Sedangkan tujuannya adalah: 1) Menyiapkan sarjana yang profesional dalam bidang manajemen pendidikan. 2) Menyiapkan sarjana yang profesional dalam bidang pemikiran dan penelitian pendidikan, dan 3) Menyiapkan pendidik yang profesional dan berakhlakul karimah.

Misi dan tujuan ini menjadi acuan, pedoman, dan pengembangan jurusan KI dalam dua Konsentrasi yaitu menejemen pendidikan Islam dan Pemikiran Pendidikan Islam. Akan tetapi bulum dapat ditentukan kapan hal ini dapat dilaksanakan karena terkait dengan kebijakan banyak pihak, semoga cepat terlaksana, kata Ketua Jurusan KI ketika ditanya oleh Tarbiyah News. (mex)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom