Kamis, 26 Oktober 2017 14:30:33 WIB Dilihat : 95 kali

Inovasi dilakukan oleh Pengelola Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan melakukan kerjasama dengan Afkaaruna Islamic School Yogyakarta (Madrasah dengan Kurikulum Internasional) sebagai laboratorium praktik pengajaran dan manajerial bagi mahasiswa-mahasiswi Tarbiyah. Dalam hal ini, melibatkan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) sebagai delegasi pelaksanan Laboratorium Pendidikan yang terwujud dalam Program Magang III dan Praktik Latihan Profesi (PLP) II.

Melalui Projek Pengembangan Madrasah yang berkelas Internasional menjadi tantangan terbaru didunia pendidikan Islam. Dalam menanggapi permintaan masyarakat mileneal, pengelola madrasah diharapkan mampu mengelola secara profesional sehingga mutu keilmuan dan sains madrasah tak kalah dengan sekolah umum. Selain itu, nilai lokalitas kearifan budaya dan pendidikan karakter (akhlakul karimah) siswa tetap menjadi prioritas utama madrasah. Oleh karena itu, perlunya integrasi-interkoneksi dalam bidang keilmuan sebagai solusi dikotomi dalam dunia pendidikan dan peningkatan keprofesionalitasan para pendidik dan pengelola lembaga pendidikan yang siap berdaya saing Internasional.

Demi menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional Prodi MPI dan PIAUD FITK UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan Afkaaruna Islamic School yang difasiltasi oleh Laboratorium Pendidikan. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara intensif dalam waktu 6 bulan, dimulai dari tanggal 2 Oktober 2017. Kegiatan yang melibatkan 3 mahasiswa MPI dan 3 Mahssiwa PIAUD tersebut telah diseleksi secara kompetensi akademik, kompetensi manajerial, kompetensi Pedagogik, dan kemampuan bahasa Inggris. Sebab, madrasah yang dibawah Yayasan Abdul Djalil Sibaweh menggunakan bahasa Inggris sebagai proses pembelajarannya dan aktivitas lainnya. Dalam proses PLP II 6 Mahasiswa MPI dan PIAUD tersebut akan dibimbing oleh Coach Faizuddin Firdaus, ST., MM. Merupakan Senior Manager Human Resource Development Yamaha Indonesia, Dr. Imam Machali, M. Pd. Kaprodi MPI, Dr. Zainal Arifin, M.SI. Sekprodi MPI dan Dr. Sigit Purnama, M.Pd Sekprodi PIAUD. 6 Mahasiswa tersebut ditargetkan untuk membuat project dalam pengembangan madrasah yang berkelas Internasional.

Tantangan terbaru dalam PLP II dan Magang III di Afkaaruna Islamic School telah menggunakan Kurikulum IPC (International Primary Curiculum) untuk tingkat Raudhatul Athfal (RA/TK) dan Kurikulum Cambridge International Examination untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD) Afkaaruna. Yayasan yang dipimpin oleh Samsul Ma’arif Mujiharto, MA., Ph.D yang merupakan dosen UGM menerima dengan program kerjasama sebagai program yang diharapkan berkesinambungan menjadi laboratorium pendidikan bagi mahasiswa dan civitas akademik FITK

Ditulis oleh : Poniman

Direktur LSKP Al Fikri Society Kebumen, Jawa Tengah.

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom