Selasa, 8 Desember 2015 13:59:24 WIB Dilihat : 2520 kali

Pengukuhan Guru Profesional Melalui Pendidikan & Latihan Profesi Guru (PLPG)

LPTK Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2015

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, hari Kamis tanggal 12 November 2015 bertempat di Gedung Multi Purpose, akan melakukan pengukuhan guru profesional sebagai puncak kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2015 yang berlangsung sebanyak 3 (tiga) angkatan dimulai pada tanggal 15 Agustus- 21 September 2015. Dalam acara Pengukuhan tersebut selain dihadiri oleh peserta program juga dihadiri oleh Rektor, Dekan, Kakanwil Kemenag DI Yogyakarta, Kasi PAIS & Kasi Pendidikan Madrasah se-DIY dan beberapa Kasi PAIS & Kasi Pendidikan Madrasah propinsi jawa tengah, yaitu : Kab. Magelang, Kota Magelang, Kab. Klaten, Kab. Purworejo dan Kab. Grobogan.

Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi persyaratan. Sertifikasi guru bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, (2) Memantapkan penguasaan dan kemampuan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, dan (3) Menentukan kelulusan guru peserta sertifikasi.

Rayon LPTK Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di tahun 2015 ini mendapatkan amanah dari Kemenag RI untuk mengelola dan melaksanakan PLPG untuk guru-guru PAI tingkat TK-SMA/SMK di sekolah umum maupun guru Madrasah dari tingkat RA-Madrasah Aliyah yang berasal dari propinsi DIY dan sekitar Jawa Tengah (Magelang, Klaten dan Purworejo) serta propinsi Sulawesi Tenggara. Guru-guru yang dimaksud adalah guru yang telah mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA), baik guru yang bertugas sebagai guru kelas maupun guru mata pelajaran/bidang studi. Jumlah peserta yang terlibat di tahun ini adalah 1114 guru.

Para peserta PLPG selama 8 hari mengikuti proses pendidikan dan pelatihan bobot 90 Jam Pembelajaran terdiri dari 32 JP teori dan 34 JP praktik, ujiian praktek/peer teaching 20 JP, ujian tulis 4 JPL). Selama rentang waktu tersebut selama 5 hari pelaksanaan mereka mengikuti proses lecturing dan workshop materi pelatihan seperti : Kebijakan Pengembangan Profesi Guru, Konsep Kurikulum 2013, Pendalaman Materi PAI/Bidang Studi, Teori dan Praktek Strategi Pembalajaran Kurikulum 2013, Workshop : Pengembangan Perangkat Pembelajaran, , Penerapan Media Pembelajaran, LKPD dan Perangkat Penilaian, dan Penelitian Tindakan Kelas. Selama 2 hari berikutnya peserta melaksanakan peer teaching/praktek pembelajaran dan di akhiri pada hari ke delapan dengan penilaian teman sejawat dan post-test.

Dari proses PLPG, seluruh peserta bisa mencapai kelulusan sesuai kriteria kriteria yang ditentukan. Dengan jumlah peserta 1114 dari 3 (tiga) angkatan yang ada, 3 orang dinyatakan tidak lulus dan 3 orang tidak memenuhi persyaratan sehingga yang menyelesaikan pelatihan ini dan dinyatakan lulus sebanyak 1108 orang, terdiri dari 274 orang dari Sultra dan 834 orang dari DIY-Jateng. Sebanyak 834 orang guru yang berasal dari DIY-Jateng inilah yang berhak menyandang predikat guru profesional dan akan segera dikukuhkan hari kamis besok oleh Pgs Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. H. Machasin,MA. Adapun 274 peserta yang berasal dari Sulawesi Tenggara dikukuhkan pada Ahad, 29 November 2015 di Aula Hotel Kubra Kendari oleh Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga Dr. H. Tasman Hamami,MA. disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Sultra, Kabid PAKIS Sultra serta para Kasi Pais Kabupatan/Kota Se-Sultra.

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom