Kelompok 2 KKN Integratif Luar Negri FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Mengembalikan Semangat Kebudayaan Melayu di Betong, Yala, Thailand.

Kelompok 2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Luar Negri Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, telah menyelesaikan masa pengabdiannya di Betong, Yala, Thailand pada tanggal 17 Juli-28 Agustus 2019. Ada 8 orang mahasiswi yang tergabung dalam kelompok ini, mereka adalah mahasiswi program studi PAI dan PBA, yaitu Amelia Zahroh, Miss Aisyah Dadeh, Miss Aesah Maming, Miss Fataheeyah Baso, Riska Wahyu Nurcendani, Vivi Dwi Fatimatul Azizah, Winda Sulistyarini, dan Zaimatuz Zakiyah.

Program kerja kelompok 2 KKN Integratif Luar Negri UIN Sunan Kalijaga terfokus pada tiga pogram, yaitu program sosial kemasyarakatan, program sosial keagamaan, dan program pendidikan dan literasi.

Pertama, Program sosial kemasyarakatan kelompok 2 KKN Integratif Luar Negri FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berpartisipasi dalam melatih tari Saman anak-anak Tadika Darul Athfal desa Benang Sinae dan mendirikan booth dalam acara “One Day at My Kampoeng” yang diselenggarakan oleh Persatuan Pemuda Kampung Benang Sinae pada Senin, 12 Agustus 2019. Acara ini bertujuan untuk mengembalikan semangat kebudayaan Melayu yang mulai luntur seiring perkembangan zaman dan merawat etos luhur Melayu. Terselengaranya acara tersebut mengundang decak kagum dan apresiasi dari masyarakat. “Kami sangat berterima kasih atas kerja sama yang telah kawan-kawan lakukan selama ini dan kami berjanji akan melestarikan tari Saman ini di kampung kami”, Ujar Najmudin selaku ketua pelaksana acara.

Kedua, Program sosial keagamaan kelompok 2 KKN Integratif Luar Negri FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta beberapa kali menghadiri sekaligus memantik pengajian rutin ibu-ibu yang dilaksanakan di desa Benang Sinae setiap hari Jum’at pagi dan Sabtu malam di desa Kapeh Hulu. Sementara, Tahsinul qur’an dilaksanakan di setiap Senin malam bersama anak-anak pondok Khoiriyah Wittaya Mulnithi, Betong, Yala, Thailand.

Ketiga, Program pendidikan dan literasi diwarnai dengan studi culture dan kunjungan ke Tadika Darul Athfal kampung Benang Sinae dan Tadika kampung Kapeh Hulu untuk mengajarkan mereka sedikit demi sedikit tentang bahasa Indonesia, dimulai dari abjad bahasa Indonesia dan angka-angka yang diselingi dengan permainan-permainan yang membuat mereka bersemangat dalam mengikuti kegiatan.

Seorang anggota Persatuan Pemuda Kampung Benang Sinae bernama Asrudin menyatakan perasaan senang dan gembira atas keberadaan mahasiswa KKN Integratif FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ia berpesan agar selalu menjaga tali silaturrahmi ini dan tidak sungkan untuk berkunjung kembali ke kota Betong. Adanya KKN Integratif Luar Negri FITK UIN Sunan Kalijaga yogyakarta ini, merupakan langkah awal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan agar dapat mewujudkan cita-cita UIN Sunan Kalijaga sebagai World Class University.